BERANDA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Wednesday, February 01, 2012

KEBERHASILAN ADALAH HAK ANAK-ANAKKU

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Nak.... kau sebentar lagi akan menempuh UJIAN NASIONAL.
    Sesungguhnya keberhasilan itu adalah karunia Alloh SWT, dan kita ini hanya disuruh menjemputya dengan ihtiar maksimal. Pengalaman jatuh bangun adalah bagian dari episode menuju sukses tersebut. Karena itu, tepat kiranya kalau Bapak ( Yulianto ) berucap bahwa " Keberhasilan adalah hak kalian ". Bagaimana bukan kenyataan ?. Bahwa ketika kalian lahir ke dunia ini sudah merupakan bagian dari keberhasilan. Dari bayi hingga dewasa kita sudah melewati fase-fase kritis. Karena itu,
semua manusia berhak untuk berhasil dan punya kesempatan sukses, tinggal bagaimana kalian mampu menjemputnya dengan sekuat tenaga.
    Tidakdipungkiri bahwa sukses kalian tertunda karena lemahnya ikhtiar, tumpulnya motivasi, dan pengalaman yang minim dalam menghadapi masalah. Kerap kali seseorang larut dalam masalah, padahal yang menjadi masalah bukanlah masalah itu sendiri, melainkan cara ia menyikkapinya. Keberhasilan kalian menyikapi masalah dan mengelolanya hingga menjadi imu bisa disebut sebagai kearifan. Kearifan pastilah tumbuh dari pribadi yang kaya hati dan penuh inspirasi.
    Kearifan demi kearifan telah terjadi di dunia ini sejak zaman Nabi Adam as sebagai manusia pertama hingga kepada kita sekarang ini. Kisah-kisah ini kearifan menjadi cermin betapa manusia sebenarnya memiliki kemampuan untuk berbuat yang terbaik dan menjadi yang terbaik di dalam hidupnya. Namun kebanyakan dari kita justru terhempas dalam kemunafikan yang menyerang kearifan atau terpuruk dalam kebodohan. Di satu sisi kesuksesan, kebanyakan dari kita juga hanya bisa terpengaruh dan berkata : "Kok bisa ya, ada orang seperti ini atau seperti itu ? "
Untuk itu Bapak berpesan pada kalian .....................

  • Ingatlah pengorbanan ayah dan ibumu yang memberikan kasih dan sayang padamu.
  • Hormati dan taatilah mereka selagi masih ada disisihmu ( bagaimana jika mereka telah dipanggil Alloh ), kemana kita harus mengaduh, memohon, manja dan lain-lain.
  • Hormati GURU, karena merekalah yang mengajar dan mendidik dilingkungan sekolah
  • Hormati orang lain yang lebih tua, sayangi yang muda
  • Santunkan jika berkata, muliakan bila berakhlak
  • Biasakan empati dan simpati hindari sifat tidak peduli
  • Sandarkan kepada Alloh, mintalah kepadaNya, apa yang kalian inginkan. Memang hanya Dialah sang Maha Pengasih.
Demikianlah sekelumit kata, semoga menjadikan motivasi kalian untuk meraih kesuksesan sekarang dan di masa yang akan datang. Amiin.

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

Jumpa lagi pada edisi berikutnya,
  • jangan lupa ya jaga kesehatan, sehat itu mahal, orang sakit tanda-tanda mau mati 
  • Sering baca buku pelajaran, jangan dihapalin ya
  • Hati-hati dalam segala hal, ayah dan ibumu yang menyayangimu, sangat mendambakanmu menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

yulianto/februari/2012

No comments:

Post a Comment

Boleh usul tapi ga boleh usil